Jumat, 04 April 2014

CONTOH SOAL ALAMIAH DASAR



Soal Take Home
1.      Apa saja yang dibahas oleh kandungan ilmu Alamiah Dasar? Uraikan 5 macam dan 5 buah manfaat.
2.      Mengapa manusia disebut makhluk yang terunik didunia (Sebutkan 5 keunikan manusia dan 2 buah ayat yang menyatakan manusia itu lebih tinggi derajatnya dari binatang)?
3.      Rasa ingin tahu (RIT) merupakan cikal-bakal ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan lainnya (Kemukakan alasan saudara sebanyak 5 buah dan hadirkan dua buah ayat al-Qur’an tentang pengetahuan.
4.      Rasa ingin tahu pada manusia dimulai sejak umur balita (Kemukakan 5 buah contohnya beserta alasan-alasan kamu.
5.      Dahulu orang percaya dengan mitos (Kemukakan 5 buah contoh mitos dan mitos apa yang hingga sekarang masih ada.
6.      Coba kemukakan oleh saudara ilmu alamiah itu manakala dihayati sepenuh hati mampu mempertebal imam seseorang (Hadirkan 5 masalah dan ditambah satu buah ayat al-Qur’an)
7.      Apa yang kamu ketahui tentang energy (Kemukakan sebuah energy dan manfaatnya bagi manusia).
8.      Dalam ilmu alamiah dasar ada dibahas tentang astronomi (Sebutkan planet-planet yang ada didunia ini merupakan ciptaan Allah SWT (Sebutkan 5 planet yang memiliki satelit terbanyak, kemukakan ayat pada Surah Yasin tentang astronomi ini). QS. Yasin [36]: 37-40.
9.      Mengapa anaximenes berpendapat unsure pembentukakan (KEhidupan) itu adalah air (Kemukakan alasannya 5 buah dan hubungkan pendapatnya dengan Nabi Adam as.
10.  Buat soal 2 buah dan jawab sendiri. Hal yang menyangkut pemahaman alamiah dasar mampu membuat manusia beriman, mengesakan Tuhan dan bertaqwa.
JAWABAN:
1.      Yang dibahas dalam ilmu alamiah dasar adalah
·         Perkembangan pola pikir manusia
Baik dan benar selalu diiringi dan dituntun oleh isi kandungan al-Qur’an dan Hadits.
a.       Manusia bersifat unik
Manusia yang hidup berkecukupan di alam fana ini memiliki keunikan-keunikan tersendiri dibandingkan makhluk yang lain, keunikan itu antara lain:
-          Memiliki organ tubuh yang kompleks (rumit) dan sangat khusus utamanya perangkat saraf-saraf dan otak.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang keluar, ada korelasi antara manusia dan tumbuhan, manusia mengeluarkan karbondioksida sedangkan tumbuhan mengeluarkan oksigen.
b.      Memberikan tanggapan terhadap rangsang baik dari dalam maupun dari luar.
c.       Memiliki potensi berkembang biak (berketurunan)
Potensi berkembang biak bukanj hanya pada manusia dan hewan tapi juga pada tumbuhan melalui tunas dan biji.
d.      Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu tidak dimiliki oleh makhluk lain. Air dan udara memang bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain, namun gerakannya itu bukanlah atas kehendaknya sendiri. Tetapi akibat dari pengaruh ilmiah yang bersifat kekal. Rasa ingin tahu adalah cikal-bakal ilmu pengetahuan. Contohnya rasa ingin tahu pada anak-anak, saat anak-anak merusak mainan sebenarnya tujuan mereka bukan ingin merusak tetapi mencari tahu apa yang membuat mainan itu bergerak.
e.       Mitos
Mitos muncul karena keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan pemikiran manusia.
Contoh mitos:
-          Pelangi dianggap sebagai selendang bidadari.
-          Gunung meletus dianggap bahwa “Yang berkuasa dari gunung itu sedang marah”.
Manfaatnya:
-          Kita bisa mengetahui sifat-sifat unik yang dimiliki manusia.
-          Mengetahui bahwa rasa ingin tahu merupakan cikal-bakal ilmu pengetahuan.
-          Mengetahui mitos dan artinya.
-          Mengetahui makhluk-makhluk ciptaan Allah (Kebesaran Allah).
-          Untuk mempertebal iman.
-          Memahami konsep-konsep dasar ilmu alamiah.
-          Mengetahui proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya menurut sains dan al-Qur’an.
-          Memahami perkembangan ilmu biologi, fisika dan kimia dalam perspektif sains dan al-Qur’an
-          Memahami dampak sains dan teknologi bagi kehidupan.
-          Mengetahui tentang teori-teori pembentukan bumi
-          Mengetahui tentang planet dan unsure-unsur di dalamnya.
-          Mengetahui tentang gejala-gejala tentang alam semesta.


2.      Manusia dikatakan sebagai makhluk yang paling unik karena, mereka memang unik dan berikut adalah bukti keunikan manusia yaitu:
-          Manusia memiliki organ tubuh yang kompleks (rumit) dan sangat khusus utamanya perangkat saraf-saraf dan otak.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang diamanahi oleh Allah, ada zat yang masuk dan ada zat yang keluar, ada kolerasi antara manusia dan tumbuhan karena manusia mengeluarkan karbondioksida yang diperlukan tumbuhan, dan tumbuhan mengeluarkan oksigen yang diperlukan manusia, jadi keduanya saling menguntungkan.
-          Memberikan tanggapan terhadap rangsangan baik rangsangan dari dalam maupun rangsangan yang berasal dari luar. Contoh rasa sedih dan gembira adalah rangsangan dari luar, dan rasa ingin memakan sesuatu adalah contoh rangsangan dari dalam.
-          Manusia memiliki potensi berkembang biak (berketurunan) potensi berkembang biak bukan hanya pada manuisa dan hewan tapi pada tumbuhan juga yaitu tumbuhan bisa berkembang biak dengan cara tunas dan biji, hewan bisa melahirkan ataupun bertelur dan pada manusia adalah melahirkan.
-          Manusia berinteraksi dengan lingkungan (beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan).
Misal: Orang yang telah lama bekerja dipabrik getah (kantal) tidak mencium lagi bau getah yang menyengat karena dia sudah beradaptasi dengan tempat kerjanya, alasan lain karena ada teori balance (keseimbangan).
Berikut dua buah ayat yang menyatakan bahwa manusia itu lebih tinggi derajatnya dari binatang:
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
Artinya:
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . (QS. At-Tin [95]:4).
* ôs)s9ur $oYøB§x. ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä öNßg»oYù=uHxqur Îû ÎhŽy9ø9$# ̍óst7ø9$#ur Nßg»oYø%yuur šÆÏiB ÏM»t7ÍhŠ©Ü9$# óOßg»uZù=žÒsùur 4n?tã 9ŽÏVŸ2 ô`£JÏiB $oYø)n=yz WxŠÅÒøÿs? ÇÐÉÈ  
Artinya:
Dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS. Al-Israa’ [17]:70).

اُلَّذِ ى أَحْشَنَ كُلَّ شَيْ ءٍخَلَقَهُ وَبَدَ أَخَلْقَ أُلْانْسَنِ مِنْ طِيْنِ
Artinya:
Yang membuatr segala sesuatu yang Dia Ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan dari tanah.




3.      5 buah alasan mengapa rasa ingin tahu (RIT) menjadi cikal-bakal sari ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan lainnya adalah:
-          Karena manusia mempunyai sifat berkembang fikirannya sehingga selalu ada keinginan untuk menciptakan hal baru, maupun mengubah sesuatu yang lama agar terlihat lebih modern.
-          Manusia mempunyai keterampilan sehingga dari rasa ingin tahu yang ada dia bisa merelalisasikannya dengan kemapuan yang dimiliki.
-          Manusia memiliki sifat ingin maju selalu, manusia pun  berfikir ingin maju dan lebih maju lagi, sehingga menerima rasa ingin tahu apa saja yang harus dilakukan agar kehidupan menjadi lebih mudah.
-          Manusia mempunyai kemampuan berfikir yang tidak semata-mata didorong untuk mempertahankan kelestarian hidupnya tapi dari rasa ingin tahu muncul keinginan untuk membuat hidupnya lebih menyenangkan, membuat hal-hal baru yang berguna (ilmu).
-          Karena rasa ingin tahu yang dimiliki manusia yang terus berkembang dan seolah tanpa batas menimbulkan perbendaharaan pengetahuan.
Berikut ini adalah 2 buah ayat tentang pengetahuan:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  


Artinya :
“Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. al-Mujaadilah [58] :11).

šù=Ï?ur ã@»sVøBF{$# $ygç/ÎŽôØnS Ĩ$¨Z=Ï9 ( $tBur !$ygè=É)÷ètƒ žwÎ) tbqßJÎ=»yèø9$# ÇÍÌÈ  
Artinya:
Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu. (QS. al-Ankabuut [29]:43).

ë=»tGÏ. çm»oYø9tRr& y7øs9Î) Ô8t»t6ãB (#ÿr㍭/£uÏj9 ¾ÏmÏG»tƒ#uä t©.xtFuŠÏ9ur (#qä9'ré& É=»t6ø9F{$# ÇËÒÈ  
Artinya:
Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.(QS. Shaad [38]:29).


Îûur ÇÚöF{$# ×M»tƒ#uä tûüÏZÏ%qçHø>Ïj9 ÇËÉÈ   þÎûur ö/ä3Å¡àÿRr& 4 Ÿxsùr& tbrçŽÅÇö7è? ÇËÊÈ  
Artinya:
20. Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin.
21. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka Apakah kamu tidak memperhatikan? (QS. adz-Dzariyaat [51]:20-21).















4.      Rasa ingin tahu dimulai dari sejak manusia itu masih balita.
Contoh:
-          Pada suatu hari seorang balita sedang melepas bagian mobil-mobilannya, memang terlihat seperti merusak tapi sebenarnya balita itu ingin mengetahui apa-apa saja yang tersusun dimobil-mobilan itu hingga dia bisa bergerak saat dimainkan.
-          Biasanya ada balita yang suka memegang atau bahkan mengecap benda atau makanan yang sudah kotor kemudian sang ibu memarahinya, padahal itu adalah hal wajar karena itulah sebenarnya rasa ingin tahu dari seorang balita, balita ingin mengetahui rasanya seperti apa.
-          Balita sering memegang benda tajam seperti pisau itu memang sangat membahayakan tapi sebenarnya dia ingin mengetahui apa fungsi dari pisau itu sendiri, kadang setelah dia terluka terkena pisau dia akan tahu bahwa pisau adalah untuk memotong setelah itu dia akan takut memegangnya lagi.
-          Balita sering mendengar kata-kata yang sebenarnya tidak baik dari orang dewasa kemudian dia mengikutinya dengan mengucapkannya. Dia tidak tahu itu artinya apa kemudian ibunya dengan pelan-pelan akan menjelaskan kalau kata-kata itu tidak baik.
-          Balita suka melihat benda yang menyala seperti api kadang ada yang mendekat ke api bahkan memegangnya setelah itu dia akan menangis karena kepanasan tapi dari situ dia tahu bahwa benda yang menyala itu panas.




5.      5 buah contoh mitos yaitu:
-          Bentuk guratan yang ada di bulan seperti seorang nenek atau kakek yang sedang duduk, sebagian masyarakat percaya bahwa nenek atau kakek itu sedang memancing seekor naga dan apabila naga itu telah tertangkap maka dunia akan kiamat.
-          Dikampung saya ada mitos tentang apabila burung hantu berbunyi, dengan bunyinya “Kulai-kulai” namun warga kampong menyebutnya burung-burung kulai. Jika burung itu sudah berbunyi maka akan ada salah satu dari warga kampung yang akan meninggal, katanya apabila suara burung itu nyaring maka keberadaan burung itu jauh, sebaliknya apabila suaranya kecil maka burung itu dekat.
-          Apabila ada rama-rama (kupu-kupu besar) masuk kerumah, maka dipercaya aka nada kabar baik yang didengar dan akan ada keluarga yang datang.
-          Apabila ada orang menabrak kucing sampai kucing itu tewas, dan apabila mayatnya dibiarkan saja tidak diurusi, maka dipercaya tidak lama orang yang menabrak kucing juga akan meninggal atau mengalami hal yang sama dengan kucing itu. Namun apabila setelah kucing itu tertabrak kemudian yang menabrak melepaskan bajunya untuk membungkus mayat kucing kemudian menguburnya atau ban mobil yang menabrak kucing tersebut di pukul pakai gadang (pohon pisang) dipercaya tidak akan terjadi apa-apa pada si penabrak tersebut.
-          Intan trisakti (Galuh Cempaka) adalah batu permata yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Intan ini ditemukan didaerah pumping Kecamatan Cempaka Kabupaten Banjarbaru. Dahulunya Kecamatan Cempaka masuk dalam daerah Kabupaten Banjar (Martapura) intan yang memiliki berat sekitar 165 karat. Ceritanya dahulu didaerah Cempaka ditemukan intan ini yang diberi nama Trisakti oleh para penambang tradisional cempaka yang menemukannya. Setelah penemuan intan yang menghebohkan ini terjadilah rentetan bencana di Negeri ini mulai dari kebakaran terbesar di Martapura, lalu terjadinya pembantaian G30 S/PKI di Amuntai dan banyak masalah lainnya. Anehnya intan itu akhirnya hilang tak tahu kemana dan masalah teratasi. Konon kabarnya, jika penambang tradisional menemukan lagi intan trisakti atau galuh cempaka dalam bongkahan besar maka akan terjadi bencana lagi di Negeri ini.
Dan mitos yang masih popular alias masih digandrungi khususnya remaja adalah ramalan bintang, remaja sangat menggemari dan bahkan banyak yang percaya karena didalamnya terdapat ramalan tentang, keuangan, karir, dan yang paling disenangi adalah ramalan tentang asmara.












6.      Ilmu alamiah itu jika dihayati sepenuh hati mampu mempertebal iman.
-          Manusia itu tumbuh dan bergerak dalam masalah ini sebenarnya manusia tidak bergerak sendiri tapi ibaratnya manusia itu hanyalah sebagai boneka dan Allah sebagai mouse atau penggeraknya.
-          Manusia semuanya suatu saat akan meninggal dan Allah lah yang mempunyai kuasa kapan seseorang akan dimatikan, maka setelah mengetahui dan menyadari hal itu niscaya seseorang akan lebih bertaqwa kepada Allah SWT.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang diamanahi oleh Allah. Allah Maha Besar, Allah menciptakan manusia saat manusia bernafas dan udara yang dihembuskan atau dikeluarkannya adalah karbondioksida yang bermanfaat bagi tumbuhan sebaliknya Allah menciptakan tumbuhan yang menghasilkan oksigen yaitu gas yang dihirup manusia untuk bernafas, mengetahui itu pasti manusia akan lebih menjaga kelestarian alam yang berarti bertambah keimanannya kepada Allah SWT.
-          Apabila manusia sudah mempelajari tentang alam semesta ini, dia akan tahu mulai dari makhluk yangb besar hingga makhluk terkecil dengan segala keunikannya, maka mereka akan berkata Subhanallah maha Besar Allah menciptakan ala mini lengkap dengan isinya.
-          Jika manusia-manusia mempelajari tentang angkasa dimana banyak planet-planet, asteroid, komet, matahari, bulan dan bintang. Dimana matahari sebagai pusat dari tata surya, siapa lagi yang menciptakan dunia dan seluruh isinya selain Dia Maha Besar Allah SWT.

Berikut ini ayat al-Qur’an :


Anjuran memperhatikan alam semesta (QS. al-Ghaasyiyah [88]: 17-20)
Ÿxsùr& tbrãÝàYtƒ n<Î) È@Î/M}$# y#øŸ2 ôMs)Î=äz ÇÊÐÈ   n<Î)ur Ïä!$uK¡¡9$# y#øŸ2 ôMyèÏùâ ÇÊÑÈ   n<Î)ur ÉA$t6Ågø:$# y#øx. ôMt6ÅÁçR ÇÊÒÈ   n<Î)ur ÇÚöF{$# y#øx. ôMysÏÜß ÇËÉÈ  
Artinya:
17. Maka Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana Dia diciptakan,
18. dan langit, bagaimana ia ditinggikan?
19. dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?
20. dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

$uZù=yèy_ur Îû ÇÚöF{$# zÓźuru br& yŠÏJs? öNÎgÎ/ $uZù=yèy_ur $pkŽÏù %[`$yÚÏù Wxç7ß öNßg¯=yè©9 tbrßtGöku ÇÌÊÈ   $uZù=yèy_ur uä!$yJ¡¡9$# $Zÿø)y $Wßqàÿøt¤C ( öNèdur ô`tã $pkÉJ»tƒ#uä tbqàÊ̍÷èãB ÇÌËÈ  
Artinya:
31. dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.
32. dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. (QS. al-Anbiyaa’ [21]:31-32).
7.      Kemukakan  sebuah energy dan manfaatnya bagi manusia yaitu:
·         Energy cahaya matahari
Energy ini sangat besar dan banyak manfaatnya bagi manusia, bahwa energy cahaya matahari disebut juga sebagai energy sumber kehidupan.
Manfaatnya bagi manusia yaitu:
-          Cahaya matahari sangat diperlukan saat musim hujan atau dingin sebagai penghangat alami tubuh manusia.
-          Kebanyakan warga desa maupun kota memanfaatkan cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian.
-          Petani menggunakan cahaya matahari untuk menjemur padi yang dipetik.
-          Bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik yang digunakan sebagai penerangan.
-          Mengandung vitamin D pada waktu berkas sinar Ultraviolet disaring dikulit, sinar tersebut mengubah simpanan kolesterol dikulit menjadi vitamin D. menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh anda.
-          Membentuk dan memperbaiki tulang, menigkatkannya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium didalam tubuh anda. Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.
-          Sebagai penawar infeksi dan pembunuh bakteri sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, tetapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur temasuk candida, juga bakteri diudara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.
-          Meningkatkan kebugaran pernafasan, penigkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya kejaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dibawah terik matahari.
-          Kekebalan saat kulit terkena sinar matahari terjadi pemanbahan sel darah putih, terutama limfosit yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung anti bodi pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hinggan 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit dibawah matahari satu atau dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
-          Meredam kolestrol darah, setelah kolesterol dibawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolestrol yang ada didalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolestrol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.
-          Mengurangi gula darah, sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glukogen yang kemudian disimpan di hati dan di otak. Prose inilah sebagai turunnya kadar gula darah.






8.      5 planet yang memiliki satelit terbanyak yaitu:
-          Yupiter memiliki 63 satelit dan empat satelit yang terbesar yaitu Ganymede, Callisto, Lo. dan Europa menampakkan kemiripan dengan planet kebumian, seperti gunung berapi dan inti yang panas. Ganymede merupakan satelit terbesar di tata surya, berukuran lebih besar dari Merkurius.
-          Saturnus, planet ini memiliki 60 satelit (tiga yang belum dipastikan). Dua diantaranya yaitu Titan dan Enceladus meskipun hanya berdiri hamper dari es saja. Titan berukuran lebih besar dari Merkurius dan merupakan satu-satunya satelit yang memiliki atmosfer yang cukup berarti.
-          Uranus, planet ini memiliki 27 satelit yang diketahui dan satelit terbesar adalah Titania, Oberon, Umbriel, Ariel dan Miranda.
-          Neptunus, planet ini mempunyai 13 satelit yang diketahui satelit yang terbesar adalah Triton yang geologinya aktif dan memiliki geyses nitrogen cair. Triton merupakan satu-satunya satelit besar yang orbitnya terbalik arah (Retrogade). Neptunus juga didampingi beberapa planet minor yang orbitnya disebut Trojan Neptunus, benda-benda tersebut memiliki resonansi 1:1 dengan Neptunus.
-          Mars, planet ini mempunyai 2 satelit alami yang kecil yaitu Deimos dan Phobos yang diduga merupakan asteroid yang terjebak di gravitasi Mars.
Berikut ini satu buah ayat pada Surah Yasin tentang Astronomi:
×ptƒ#uäur ãNßg©9 ã@ø©9$# ãn=ó¡nS çm÷ZÏB u$pk¨]9$# #sŒÎ*sù Nèd tbqßJÎ=ôàB ÇÌÐÈ   ߧôJ¤±9$#ur ̍øgrB 9hs)tGó¡ßJÏ9 $yg©9 4 y7Ï9ºsŒ ㍃Ïø)s? ̓Íyèø9$# ÉOŠÎ=yèø9$# ÇÌÑÈ   tyJs)ø9$#ur çm»tRö£s% tAÎ$oYtB 4Ó®Lym yŠ$tã Èbqã_óãèø9$%x. ÉOƒÏs)ø9$# ÇÌÒÈ   Ÿw ߧôJ¤±9$# ÓÈöt7.^tƒ !$olm; br& x8Íôè? tyJs)ø9$# Ÿwur ã@ø©9$# ß,Î/$y Í$pk¨]9$# 4 @@ä.ur Îû ;7n=sù šcqßst7ó¡o ÇÍÉÈ  
Artinya:
37.  Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, Maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.
38. Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.
39. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah Dia sampai ke manzilah yang terakhir) Kembalilah Dia sebagai bentuk tandan yang tua.
40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. dan masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. Yasin [36]: 37-40).
أَلَمْ تَرَ إِلى رَ بِّكَ كَيْفَ مَدَّ اٌلظِّلَّ وَ لَوْ شَاءَ لَجَعَلَهُ ءَ سَا كِنَا ثُمَّ جَعَلْنَا اُلشَّمْسَ عَلَيْهِ دَ لِيْلًا
Artinya:
Apakah kamu tidak memperhatikan (Penciptaan) Tuhanmu bagaimana Dia memnajangkan (dan memendekkan) baying-bayang dan kalau dia menghendaki niscaya Dia menjadikan  tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu.
9.      Anaximenes (560-520 SM)
Berpendapat bahwa unsure dasar pembentuk semua benda adalah air. Namun air merupakan salah satu bentuk saja. Ia berpendapat seperti itu karena menurutnya air dapat merenggang menjadi api (gas) atau dapat memadat menjadi tanah (padat). Jika dihubungkan dengan pendapat tentang Penciptanya Nabi Adam yaitu bahwa Nabi Adam diciptakan dari lumpur basah yang hitam seandainya lumpur itu kering atau tidak basah (air) maka itu mungkin tidak berbentuk lumpur tapi hanya debu-debu, berarti disini air berperan dalam membentuk debu atau tanah itu menjadi lumpur yang kemudian Allah SWT beri nyawa/ruh sehingga terciptalah Nabi Adam as.
·         Unsure pembentuk adalah air
·         Air bisa merenggang dan bisa terjadi percikan api (air bisa menjadi api)
Contoh : Saat kita memasak air tapi saat air itu sudah mendidih dan terlalu lama akhirnya air itu habis dan bisa menyebabkan munculnya percikan api.
·         Api adalah transmutasi (Memindahkan/ Merubah suatu bentuk kepada bentuk benda yang lain).
Contoh : kayu yang dibakar kemudian dipadamkan apinya menjadi arang tapi apabila kayu itu dibakar habis maka menjadi abu, dan lama-lama abu menjadi tanah dihubungkan dengan Penciptaan Nabi Adam bahwa Nabi Adam diciptakan dari tanah hitam yang berarti yang kemudian menjadi lumpur.




10.  Uraikan tentang bumi beserta ke Istemewaannya? Jelaskan mitos tentang gunung meletus kaitannya dengan mempertebal Iman?
Jawab:
·         Bumi
Garis Tengah
: Pada kutub, 12.714 Km

: Pada khatulistiwa, 12.757 Km
  (Jari-jari  bumi, 6.378 Km)
Keliling Khatulistiwa
: 40.000 Km
Jarak Dari Matahari
: terjauh, 152 juta Km

  Terdekat, 147 Km
Kecepatan Berputar Mengelilingi Matahari
: 106.200 Km/Jam
Kecepatan Melepaskan Diri Dari Gravitasi Bumi
: 40.500 Km/Jam
Massa
: 6.600 juta Ton
Panjang Hari
: 23 1/2
Berat Jenis
: 5.41 (dibandingkan air)
Jarak Bumi-Bulan
: 384.55o Km
Umur Bumi
: 4.700 juta tahun

Dibandingkan planet lain bumi merupakan planet yang istemewa, keistemewaan bumi antara lain:
-          Jarak bumu dengan matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga udara di bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
-          Terdapat air di bumi (samudera dan lautan).
-          Mempunyai atmosfer sehingga mempunyai awan dan hujan.
-          Atmosfer membuat perbedaan suhu antara siang dan malam (seperti bulan tidak terlalu ekstrim.
-          Atmosfer mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan.
-          Atmosfer melindungi kehidupan dari kerusakan akibat sinar dan dzarah matahari yang dapat merusak bumi.
Dengan begitu pantaslah kita bersyukur kepada Allah SWT. karena bumi diciptakan sebagai tempat tinggal manusia dan makhluk lain dimana bumi jaraknya tidak terlalu panas (sedang) dan tidak terlalu jauh dari matahari sehingga tidak terlalu dingin pula seandainya bumi itu jaraknya dekat dengan matahari manusia maupun makhluk lainnya pasti akan kepanasan. Tapi Maha Besar Allah telah menciptakan tempat (bumi) yang nyaman sebagai tempat makhluk-Nya tinggal.
·         Ada mitos bahwa jika gunung meletus masyarakat percaya bahwa penunggu gunung sedang marah.
-          Menurut saya mitos ini terdengar sangat lucu, tidak pantas kita percaya dengan mitos seperti ini, jika kita adalah orang yang mempunyai agama dan Tuhan. Jika ada gunung yang meletus harusnya kita introspeksi diri bagaimana sikap kita s elama ini atau bagaimana kelakuan orang disekitar selama ini. Gunung meletus adalah tanda peringatan dari Allah mungkin selama ini manusia telah lalai menjalankan kewajiban-kewajiban kepada Allah sehingga Allah murka dan memberikan pertanda dengan diletuskannya gunung oleh Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar