Jumat, 11 April 2014

SOAL ILMU TAFSIR



KUMPULAN SOAL ILMU TAFSIR

1.        Metode tafsir yang mengkaji ayat-ayat Al Quran dari segala segi dan maknanya, ayat demi ayat, dan surah demi surah, sesuai dengan urutan dalam mushaf Usmani disebut dengan metode.......
A.    Maudhu’i                                         
B.     Tahlili                                              
C.     Muqaran
D.    Ijmali
E.     Isyari

2.        Penafsiran ayat Al Quran terhadap maksud ayat Al Quran yang lain disebut tafsir....
A.     Bil Ra’yi
B.     Fiqih
C.     Bil Ma’tsur
D.     Sufi
E.      Falsafi

3.        Penafsiran Al Quran yang dilakukan (tokoh) suatu mazhab untuk dapat dijadikan sebagai dalil atas kebenaran mazhabnya disebut tafsir.......
A.     Bil Ra’yi
B.     Fiqih
C.     Bil Ma’tsur
D.     Sufi
E.      Falsafi

4.        Tafsir tahlili (analisis) yang mengedepankan pembahasan sains dalam penafsirannya adalah jenis tafsir tahlili......
A.     Adabi
B.     Falsafi
C.     Fiqih
D.     Sufi
E.      Ilmi

5.        Penafsiran ayat-ayat Al Quran dengan menggunakan teori-teori filsafat adalah metode penafsiran dengan cara .....
A.     Adabi
B.     Falsafi
C.     Fiqih
D.     Sufi
E.      Ilmi

6.        Pengetahuan seorang mufasir terhadap aturan-aturan yang disyaratkan dalam penafsiran Al Quran adalah .....
A.     Sunah
B.     Mandub
C.     Harus
D.     Wajib
E.      Makruh

7.        Di bawah ini yang termasuk bagian ilmu dalam bahasa Arab, kecuali......
A.     Ilmu Nahwu
B.     Ilmu Sharaf
C.     Ilmu Ma’ani
D.     Ilmu Tauhid
E.      Ilmu Badi’

8.        Ilmu yang mempelajari bentuk asal kata dan pola kata kerja disebut dengan ............
A.       Ilmu Nahwu
B.        Ilmu Isytiqaq
C.        Ilmu Sharaf
D.       Ilmu I’lal
E.        Ilmu Balaghah

9.        Kegunaan dari ilmu balaghah adalah mengetahui ..............
A.     Bahasa Al Quran
B.     Isi Al Quran
C.     I’rab kalimat
D.     Turunnya ayat
E.      Akar kata

10.    Ilmu qiraat adalah ilmu yang mempelajari tentang....
A.     Ayat-ayat Al Quran
B.     I’jaz Al Quran
C.     Bacaan Al Quran
D.     Tahsin Al Quran
E.      Uslub Al Quran.

11.    Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah....
A.     QS. Al-‘Alaq ayat 1-5
B.     QS. Al-Falaq ayat 1-5
C.     QS. Yunus ayat 101
D.     QS. Al Baqarah ayat 164
E.      QS. Al-Fatihah ayat 1-7

12.    Rasulullah SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya ketika beliau sedang menyendiri di Gua Hira’. Penyendirian Rasulullah ini biasa disebut dengan istilah...
A.     Talawwus
B.     Tahaddus
C.     Tamannus
D.     Tahannuts
E.      Tarawwus

13.    Diantara perilaku orang yang mengamalkan surah Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah....
A.     Memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam belajar.
B.     Senantiasa memohon perlindungan Allah agar dijauhkan dari sifat takabur.
C.     Menghafalkan ayat-ayat ini di luar kepala.
D.     Selalu membawa pena ke manapun ia pergi.
E.      Selalu membaca berbagai jenis buku, tidak peduli baik atau buruknya buku tersebut.

14.    Tanda-tanda kebesaran Allah dan peringatan para Rasul tidak akan bermanfaat bagi orang-orang yang enggan beriman. Pernyataan ini Allah sampaikan dalam...
A.     QS. Al-baqarah ayat 164
B.     QS. Al-‘Alaq ayat 5
C.     QS. Yunus ayat 101.
D.     QS. Yusuf ayat 111.
E.      Qs. Al-Ikhlas ayat 1-4

15.    Kata  انظروا  dalam QS. Yunus ayat 101, berarti.....
A.     Perhatikanlah.
B.     Cukup.
C.     Bermanfaat.
D.     Peringatan
E.      Sekelompok orang.

16.    Kata   إقرأ  dalam QS. Al-‘Alaq ayat 1 berarti…..
A.     Katakanlah
B.     Bacalah
C.     Ejalah
D.     Telaahlah
E.      Cermatilah

17.    Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan ayat Al-Quran dapat dilakukan pada beberapa bidang ilmu ………
A.     Astronomi, Ilmu bumi, dan Kesenian
B.     Biologi, Fisika, Matematika, Ketrampilan.
C.     Astronomi, Geografi, Biologi, dan Fisika.
D.     Ilmu Bumi, Fisika, Bahasa, dan Antropologi.
E.      Astronomi, Fisika, Ilmu bumi, dan Sosiologi.

18.    Di antara pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan ayat Al Quran dalam bidang astronomi adalah………
A.     Ditemukannya kadar hujan.
B.     Ditemukannya garis orbit.
C.     Ditemukannya fungsi otak sebagai pengendali gerak.
D.     Ditemukannya teori relativitas waktu
E.      Penemuan bahwa besi berasal dari langit.

19.    Asal usul penciptaan manusia dari ‘alaq yang berarti…..
A.     Rahim.
B.     Sperma
C.     Segumpal darah
D.     Sel telur
E.      Tanah. 

20.    Berikut merupakan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-‘Alaq : 1-5, QS. Yunus : 101, QS. Al-baqarah : 164, kecuali…….
A.     Memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam belajar.
B.     Tekun dan sungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu
C.     Mengembangkan pengetahuan tentang alam semesta.
D.     Melakukan penelitian atas segala hal.
E.      Menjiplak hasil penemuan orang lain.

21.    Ayat yang membicarakan hal yang harus diperhatikan manusia dalam alam semesta adalah …………..
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

22.    Kata خلق   dalam QS. Al-Baqarah ayat 164 memiliki arti……….
A.     Berlayar
B.     Berguna
C.     Penciptaan.
D.     Menyebarkan.
E.      Laut.

23.    Ayat yang memerintahkan manusia untuk melakukan zikir dan fikir terdapat pada…….
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

24.    Zikir secara bahasa berarti…….
A.     Memperingati.
B.     Mengingat-ingat.
C.     Mengingatkan.
D.     Memperingatkan.
E.      Mengenang.

25.    Fikir yang dimaksud dalam QS. Ali Imran ayat 190-191 berarti…..
A.     Memikirkan nasib dan musibah yang ditakdirkan Tuhan.
B.     Memikirkan proses kejadian manusia untuk sekedar mencari tahu.
C.     Memikirkan alam semesta untuk menemukan ilmu pengetahuan yang dapat membuat kita sebagai penemu terkenal sedunia.
D.     Memikirkan proses kejadian alam semesta dan berbagai fenomena yang ada di dalamnya, sehingga mendapatkan manfaat dari padanya.
E.      Berfikir dalam segala sesuatu, sebelum melangkah, dan sebelum bertindak, untuk hasil yang terbaik.

26.    Di akhir ayat 190 surah Ali Imran, manusia yang mampu melihat alam sebagai tanda-tanda kebesaran dan keagungan-Nya, Allah sebut sebagai ……..
A.     Ulil Amri.
B.     Ulil Albab.
C.     Ulil Azmi.
D.     Ulil Abwab.
E.      Ulil Ahbab.

27.    Manusia yang tidak menggunakan potensi akalnya untuk memelajari tanda-tanda kebesaran Allah, dianggap bagaikan binatang. Orang-orang tersebut kemudian diistilahkan sebagai………
A.     Al-Ghafilun
B.     Al-Ghafirun
C.     Al-Gharimun
D.     Al-Ghaibun
E.      Al-Ghalibun.

28.    Kehati-hatian dan upaya pembuktian terhadap semua berita dan fenomena merupakan metode yang sangat teliti dari ajaran Islam. Anjuran untuk kehati-hatian ini terdapat dalam…….
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

29.    Kata Al-bayan dalam surat Ar-Rahman ayat 4 maksudnya adalah………
A.     Potensi berpikir
B.     Cabang ilmu balaghah
C.     Pandai berbicara
D.     Pandai berekspresi.
E.      Semua benar selain B.

30.    Yang bukan termasuk imam dalam bidang qira’at adalah….
A.       Abu Amr dan Safi’
B.       Ashim dan Hamzah
C.       Al-Kisa’i dan Ibnu Amir
D.       Ibnu Katsir dan Ibnu Amir
E.        Ibnu Malik dan al Khalil

31.    Suatu qira’at dinilai shahih jika telah terpenuhi syarat-syarat…
A.    Bersambung sanad, mudah dibaca, sesuai dengan bahasa arab
B.     Bersamung sanad, sesuai dengan mushaf, diajarkan oleh imam yang masyur
C.     Bersambung sanad, sesuai dengan rasm mushaf utsmani, sesuai dengan tata bahasa arab
D.    Sanadnya Mutawattir, tidak janggal, sesuai dengan rasm mushaf
E.     Sesuai dengan bacaan Nabi SAW dan para sahabat

32.    Berikut ini macam-macam bacaan qira’at yang boleh digunakan dalam sholat, kecuali qira’at…
A.    Mutawattirah
B.     Shahihah
C.     Sab’ah
D.    Syadzah
E.     Masyhurah

33.    Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1        Ijtihad
2        Ahlul kitab
3        Penjelasan sahabat
4        Kitabullah
5        Penjelasan Nabi
Yang Termasuk urutan landasan penafsiran al Qur’an pada masa tabi’in adalah…
A.     1,2,3,4,5
B.     1,2,5,3,4
C.     2,4,3,5,1
D.     3,4,1,2,5
E.      4,5,3,2,1

34.    Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil Ra’yi adalah…
A.     Logika manusia dapat digunakan untuk menemukan kebenaran
B.     Tidak semua ayat al Qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah SAW
C.     Tafsir bil Ra’yi lebih sesuai dengan zaman
D.     Tafsir bil Ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil Ma’tsur
E.      Kemampuan ulama dalam menafsirkan Al Qur’an menggunakan riwayat berkurang

35.    Berikut ini termasuk tafsir bil Ra’yi, kecuali menafsirkan al Qur’an berdasarkan…
A.     Ilmu tata bahasa
B.     Ilmu logika
C.     Intuisi
D.     Ucapan tabi’in
E.      Sains

36.    Benih-benih kemunculan tafsir bil ma’tsur sudah ada sejak masa…
A.     Rasulullah SAW
B.     Dinasti Bani Umayyah
C.     Dinasti bani Abbasiyah
D.     Ibnu Jarir at Thabary
E.      Pembukaan ilmu pengetahuan

37.    Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur, kecuali
A.     Menafsirkan ayat al Qur’an dengan ayat al Qur’an lain
B.     Menafsirkan ayat al Qur’an berdasarkan sunnah Nabi SAW
C.     Menafsirkan al Qur’an berdasarkan ucapan sahabat
D.     Memahami ayat al Qur’an dengan cara menghubungkan satu ayat dengan ayat lain
E.      Menafsirkan ayat berdasarkan syair-syair arab

38.    Salah satu kitab karya Imam Ath-Thabari  adalah…
A.     Al Dur al Ma’tsur
B.     Mafatih al Ghaib
C.     Tafsir al Jalalain
D.     Al-Bahr Al-Muhith
E.      Jami’ al Bayan fi Tafsiril Quran

39.    Surat Ad Dukhan ayat :3
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû 7's#øs9 >px.t»t6B 4 $¯RÎ) $¨Zä. z`ƒÍÉZãB ÇÌÈ  
Ditafsirkan oleh surat Al Qodar ayat :1
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû Ï's#øs9 Íôs)ø9$# ÇÊÈ  
Penafsiran al Qur’an tersebut diatas adalah contoh penggunaan metode..
A.     Maudhu’i
B.     Muqaran
C.     Tahlili
D.     Ijmali
E.      Istiqaq

40.    Sumber pedoman dalam menafsirkan al Qur’an pada masa sahabat adalah…
A.     Al Qur’an dan ijtihad
B.     Al Q ur’an dan Sunnah Nabi
C.     Ijtihad dan pemahaman
D.     Al Qur’an, Sunah Nabi, ahlu kitab dan ijtihad
E.      Al Qur’an dan pemahaman/penalaran

41.    Yang termasuk dalam kategori kitab tafsir bil al ma’tsur adalah…
A.     Anwar AT-Tanzil wa at-Takwil
B.     Mafatih al-ghaib
C.     Madarik al Tanzil wa Haqaiq at-Takwil
D.     Lubab at-Takwil fi Ma’an at-Takwil
E.      Jami al Bayan fi Tafsir Al-Qur’an

42.    Lafadz yang selalu disebutkan dalam bentuk jama’ dalam al Qur’an adalah…
A.      اللب                                      
B.      القلب                                     
C.     النور  
D.     الأرض
E.      السماء

43.    Penggunaan bentuk ifrad dalam ayat   É  >̍øópRùQ$#ur   É-ÎŽô³yJø9$# >§  menunjukan…
A.     Arah Timur dan Barat
B.     Waktu terbit dan terbenamnya matahari
C.     Waktu mulai berakhirnya musim panas dan musim dingin
D.     Siang dan alam silih berganti
E.      Terang dan gelap

úïÏ%©!$#ur (#ÿrãxÿx. ãNèdät!$uŠÏ9÷rr& ßNqäó»©Ü9$# NßgtRqã_̍÷ムšÆÏiB ÍqY9$# n<Î) ÏM»yJè=à9$# 3  ÇËÎÐÈ
44.    Penggunaan bentuk jamak untuk lafadz  ÏM»yJè=à9$# dalam ayat tersebut mengandung makna…
A.     Kegelapan-kegelapan
B.     Banyaknya jenis kesesatan
C.     Masa kegelapan yang lama
D.     Orang-orang yang tersesat
E.      Kegelapan pada setiap malam

ô`ÏB Ädr& >äóÓx« ¼çms)n=yz ÇÊÑÈ
45.    Fungsi penggunaan nakirah dalam ayat diatas adalah…

A.     , تعظيم
B.     .تحقير
C.     . تقليل
D.     .تكثير   
E.      . إرادة  النوع

التفسير شرح القرأن و بيان معناه و الإفصاح بما يقتضيه بنصه أو إشارته أو نحواه  
46.    Makna tafsir yang sesuai dengan definisi diatas adalah…
A.     Menjelaskan kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
B.     Menjelaskan dan memahami makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta menyimpulkan kandungan hukum
C.     Membahas mengenai cara pengucapan kata-kata al Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan makna yang terkandung di dalamnya
D.     Pemahaman secara komprehensif tentang kitab Allah dan penjelasan makna yang dalam
E.      Menjelaskan al Qur’an, menerangkan maknanya, atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat, serta tujuannya

علم يبحث فيه عن أحوال الكتاب العزيز من جهة نزوله و سنده و أداءه و ألفاظه ومعانيه المتعلقه بالفاظ و المتعلقه بألأحكام   
47.    Pernyataan diatas adalah pengertian…
A.     Ilmu tafsir al Qur’an
B.     Ilmu qira’at al Qur’an
C.     Rasm al Qur’an
D.     Tajwid al Qur’an
E.      Fahm al Qur’an

  (#qÝàÏÿ»ym n?tã ÏNºuqn=¢Á9$# Ío4qn=¢Á9$#ur 4sÜóâqø9$# (#qãBqè%ur ¬! tûüÏFÏY»s% ÇËÌÑÈ     
48.    Menurut imam Turmudzi, tafsir kalimat  o4qn=¢Á9$#ur 4sÜóâqø9$#  bermakna shalat….
A.     Maghrib                                           
B.     Isya’                                    
C.     Subuh
D.     Dzuhur
E.      Ashar

49.    Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini !
1        Surat al Ghasyiyah ayat: 17-20
2        Surat al-Lahab ayat 1-5
3        Surat al Fatihah ayat 1-7
4        Surat al Qadr ayat 1-5
Dari pernyataan-pernyataan di atas contoh munasabah antara ayat dengan ayat yang dikaitkan dengan keadaan mukhotob adalah nomor…
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     1 dan 4
D.    2 dan 3
E.     2 dan 4

50.         Ayat 168 surah Al Baqarah menjelaskan tentang ………….
A.    Perintah Allah untuk mencari makanan di bumi.
B.     Penjelasan tentang makanan yang halal dan haram
C.     Kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.
D.    Bolehnya memakan segala sesuatu yang halal dan baik yang ada di bumi.
E.     Menjauhkan diri dari sifat tercela.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar