1. Metode tafsir yang mengkaji
ayat-ayat Al Quran dari segala segi dan maknanya, ayat demi ayat, dan surah
demi surah, sesuai dengan urutan dalam mushaf Usmani disebut dengan
metode.......
A. Maudhu’i
B. Tahlili
C. Muqaran
D. Ijmali
E. Isyari
2. Penafsiran ayat Al Quran
terhadap maksud ayat Al Quran yang lain disebut tafsir....
A. Bil Ra’yi
B. Fiqih
C. Bil Ma’tsur
D. Sufi
E. Falsafi
3. Penafsiran Al Quran yang
dilakukan (tokoh) suatu mazhab untuk dapat dijadikan sebagai dalil atas
kebenaran mazhabnya disebut tafsir.......
A. Bil Ra’yi
B. Fiqih
C. Bil Ma’tsur
D. Sufi
E. Falsafi
4. Tafsir tahlili (analisis) yang
mengedepankan pembahasan sains dalam penafsirannya adalah jenis tafsir
tahlili......
A. Adabi
B. Falsafi
C. Fiqih
D. Sufi
E. Ilmi
5. Penafsiran ayat-ayat Al Quran
dengan menggunakan teori-teori filsafat adalah metode penafsiran dengan cara .....
A. Adabi
B. Falsafi
C. Fiqih
D. Sufi
E. Ilmi
6. Pengetahuan seorang mufasir
terhadap aturan-aturan yang disyaratkan dalam penafsiran Al Quran adalah .....
A. Sunah
B. Mandub
C. Harus
D. Wajib
E. Makruh
7. Di bawah ini yang termasuk
bagian ilmu dalam bahasa Arab, kecuali......
A. Ilmu Nahwu
B. Ilmu Sharaf
C. Ilmu Ma’ani
D. Ilmu Tauhid
E. Ilmu Badi’
8. Ilmu yang mempelajari bentuk
asal kata dan pola kata kerja disebut dengan ............
A. Ilmu Nahwu
B. Ilmu Isytiqaq
C. Ilmu Sharaf
D. Ilmu I’lal
E. Ilmu Balaghah
9. Kegunaan dari ilmu balaghah
adalah mengetahui ..............
A. Bahasa Al Quran
B. Isi Al Quran
C. I’rab kalimat
D. Turunnya ayat
E. Akar kata
10. Ilmu qiraat adalah ilmu yang mempelajari tentang....
A. Ayat-ayat Al Quran
B. I’jaz Al Quran
C. Bacaan Al Quran
D. Tahsin Al Quran
E. Uslub Al Quran.
11. Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Nabi
Muhammad SAW adalah....
A. QS. Al-‘Alaq ayat 1-5
B. QS. Al-Falaq ayat 1-5
C. QS. Yunus ayat 101
D. QS. Al Baqarah ayat 164
E. QS. Al-Fatihah ayat 1-7
12. Rasulullah SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya
ketika beliau sedang menyendiri di Gua Hira’. Penyendirian Rasulullah ini biasa
disebut dengan istilah...
A. Talawwus
B. Tahaddus
C. Tamannus
D. Tahannuts
E. Tarawwus
13. Diantara perilaku orang yang mengamalkan surah
Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah....
A. Memiliki tekad dan semangat
yang kuat dalam belajar.
B. Senantiasa memohon perlindungan Allah agar
dijauhkan dari sifat takabur.
C. Menghafalkan ayat-ayat ini di luar kepala.
D. Selalu membawa pena ke manapun ia pergi.
E. Selalu membaca berbagai jenis buku, tidak
peduli baik atau buruknya buku tersebut.
14. Tanda-tanda kebesaran Allah dan peringatan para Rasul
tidak akan bermanfaat bagi orang-orang yang enggan beriman. Pernyataan ini
Allah sampaikan dalam...
A. QS. Al-baqarah ayat 164
B. QS. Al-‘Alaq ayat 5
C. QS. Yunus ayat 101.
D. QS. Yusuf ayat 111.
E. Qs. Al-Ikhlas ayat 1-4
15. Kata انظروا dalam QS. Yunus ayat 101, berarti.....
A. Perhatikanlah.
B. Cukup.
C. Bermanfaat.
D. Peringatan
E. Sekelompok orang.
16.
Kata إقرأ
dalam QS. Al-‘Alaq ayat 1 berarti…..
A.
Katakanlah
B. Bacalah
C.
Ejalah
D.
Telaahlah
E.
Cermatilah
17.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan ayat Al-Quran dapat
dilakukan pada beberapa bidang ilmu ………
A.
Astronomi, Ilmu bumi, dan Kesenian
B.
Biologi, Fisika, Matematika, Ketrampilan.
C.
Astronomi, Geografi, Biologi, dan Fisika.
D.
Ilmu Bumi, Fisika, Bahasa, dan Antropologi.
E.
Astronomi, Fisika, Ilmu bumi, dan Sosiologi.
18.
Di antara pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan ayat Al Quran dalam bidang
astronomi adalah………
A.
Ditemukannya kadar hujan.
B.
Ditemukannya garis orbit.
C.
Ditemukannya fungsi otak sebagai pengendali gerak.
D.
Ditemukannya teori relativitas waktu
E.
Penemuan bahwa besi berasal dari langit.
19.
Asal usul penciptaan manusia dari ‘alaq yang berarti…..
A.
Rahim.
B.
Sperma
C.
Segumpal darah
D.
Sel telur
E.
Tanah.
20.
Berikut merupakan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-‘Alaq : 1-5, QS. Yunus
: 101, QS. Al-baqarah : 164, kecuali…….
A.
Memiliki tekad dan semangat yang kuat dalam belajar.
B.
Tekun dan sungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu
C.
Mengembangkan pengetahuan tentang alam semesta.
D.
Melakukan penelitian atas segala hal.
E.
Menjiplak hasil penemuan orang lain.
21.
Ayat yang membicarakan hal yang harus diperhatikan manusia dalam alam semesta
adalah …………..
A.
QS. Al-Baqarah ayat 164
B.
Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.
QS. Ali Imran ayat 190-191
D.
QS. Al-A’raf ayat 179
E.
QS. Ar Rahman ayat 1-4
22.
Kata خلق dalam QS. Al-Baqarah ayat 164 memiliki
arti……….
A.
Berlayar
B.
Berguna
C.
Penciptaan.
D.
Menyebarkan.
E.
Laut.
23.
Ayat yang memerintahkan manusia untuk melakukan zikir dan fikir terdapat
pada…….
A.
QS. Al-Baqarah ayat 164
B.
Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.
QS. Ali Imran ayat 190-191
D.
QS. Al-A’raf ayat 179
E.
QS. Ar Rahman ayat 1-4
24.
Zikir secara bahasa berarti…….
A.
Memperingati.
B.
Mengingat-ingat.
C.
Mengingatkan.
D.
Memperingatkan.
E.
Mengenang.
25.
Fikir yang dimaksud dalam QS. Ali Imran ayat 190-191 berarti…..
A.
Memikirkan nasib dan musibah yang ditakdirkan Tuhan.
B.
Memikirkan proses kejadian manusia untuk sekedar mencari tahu.
C.
Memikirkan alam semesta untuk menemukan ilmu pengetahuan yang dapat membuat
kita sebagai penemu terkenal sedunia.
D.
Memikirkan proses kejadian alam semesta dan berbagai fenomena yang ada di
dalamnya, sehingga mendapatkan manfaat dari padanya.
E.
Berfikir dalam segala sesuatu, sebelum melangkah, dan sebelum bertindak, untuk
hasil yang terbaik.
26.
Di akhir ayat 190 surah Ali Imran, manusia yang mampu melihat alam sebagai
tanda-tanda kebesaran dan keagungan-Nya, Allah sebut sebagai ……..
A.
Ulil Amri.
B.
Ulil Albab.
C.
Ulil Azmi.
D.
Ulil Abwab.
E.
Ulil Ahbab.
27.
Manusia yang tidak menggunakan potensi akalnya untuk memelajari tanda-tanda
kebesaran Allah, dianggap bagaikan binatang. Orang-orang tersebut kemudian
diistilahkan sebagai………
A.
Al-Ghafilun
B.
Al-Ghafirun
C.
Al-Gharimun
D.
Al-Ghaibun
E.
Al-Ghalibun.
28.
Kehati-hatian dan upaya pembuktian terhadap semua berita dan fenomena merupakan
metode yang sangat teliti dari ajaran Islam. Anjuran untuk kehati-hatian ini
terdapat dalam…….
A.
QS. Al-Baqarah ayat 164
B.
Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.
QS. Ali Imran ayat 190-191
D.
QS. Al-A’raf ayat 179
E.
QS. Ar Rahman ayat 1-4
29.
Kata Al-bayan dalam surat Ar-Rahman ayat 4 maksudnya adalah………
A.
Potensi berpikir
B.
Cabang ilmu balaghah
C.
Pandai berbicara
D.
Pandai berekspresi.
E.
Semua benar selain B.
30. Yang bukan termasuk imam dalam bidang qira’at
adalah….
A.
Abu Amr dan
Safi’
B.
Ashim dan
Hamzah
C.
Al-Kisa’i dan
Ibnu Amir
D. Ibnu
Katsir dan Ibnu Amir
E.
Ibnu Malik dan
al Khalil
31. Suatu qira’at dinilai shahih jika telah
terpenuhi syarat-syarat…
A.
Bersambung
sanad, mudah dibaca, sesuai dengan bahasa arab
B.
Bersamung
sanad, sesuai dengan mushaf, diajarkan oleh imam yang masyur
C. Bersambung sanad, sesuai dengan rasm
mushaf utsmani, sesuai dengan tata bahasa arab
D.
Sanadnya
Mutawattir, tidak janggal, sesuai dengan rasm mushaf
E.
Sesuai dengan
bacaan Nabi SAW dan para sahabat
32. Berikut ini macam-macam bacaan qira’at yang
boleh digunakan dalam sholat, kecuali qira’at…
A.
Mutawattirah
B.
Shahihah
C.
Sab’ah
D. Syadzah
E.
Masyhurah
33. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1
Ijtihad
2
Ahlul kitab
3
Penjelasan
sahabat
4
Kitabullah
5
Penjelasan Nabi
Yang Termasuk urutan landasan penafsiran al
Qur’an pada masa tabi’in adalah…
A.
1,2,3,4,5
B.
1,2,5,3,4
C.
2,4,3,5,1
D.
3,4,1,2,5
E. 4,5,3,2,1
34. Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir
bil Ra’yi adalah…
A.
Logika manusia
dapat digunakan untuk menemukan kebenaran
B. Tidak semua ayat al Qur’an dijelaskan
penafsirannya oleh Rasulullah SAW
C.
Tafsir bil
Ra’yi lebih sesuai dengan zaman
D.
Tafsir bil
Ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil Ma’tsur
E.
Kemampuan ulama
dalam menafsirkan Al Qur’an menggunakan riwayat berkurang
35.
Berikut ini
termasuk tafsir bil Ra’yi, kecuali menafsirkan al Qur’an berdasarkan…
A.
Ilmu tata
bahasa
B.
Ilmu logika
C.
Intuisi
D. Ucapan tabi’in
E.
Sains
36.
Benih-benih
kemunculan tafsir bil ma’tsur sudah ada sejak masa…
A. Rasulullah SAW
B.
Dinasti Bani
Umayyah
C.
Dinasti bani
Abbasiyah
D.
Ibnu Jarir at
Thabary
E.
Pembukaan ilmu
pengetahuan
37.
Berikut ini
termasuk tafsir bil ma’tsur, kecuali …
A. Menafsirkan ayat al Qur’an dengan ayat al
Qur’an lain
B. Menafsirkan ayat al Qur’an berdasarkan sunnah
Nabi SAW
C. Menafsirkan al Qur’an berdasarkan ucapan
sahabat
D. Memahami ayat al Qur’an dengan cara
menghubungkan satu ayat dengan ayat lain
E. Menafsirkan
ayat berdasarkan syair-syair arab
38.
Salah satu
kitab karya Imam Ath-Thabari adalah…
A.
Al Dur al
Ma’tsur
B.
Mafatih al
Ghaib
C.
Tafsir al Jalalain
D.
Al-Bahr
Al-Muhith
E. Jami’ al Bayan fi Tafsiril Quran
39.
Surat Ad Dukhan
ayat :3
!$¯RÎ)
çm»oYø9t“Rr&
’Îû
7's#ø‹s9
>px.t»t6•B
4 $¯RÎ)
$¨Zä.
z`ƒÍ‘É‹ZãB
ÇÌÈ
Ditafsirkan oleh surat Al Qodar ayat :1
!$¯RÎ)
çm»oYø9t“Rr&
’Îû
Ï's#ø‹s9
Í‘ô‰s)ø9$#
ÇÊÈ
Penafsiran al Qur’an tersebut diatas adalah
contoh penggunaan metode..
A.
Maudhu’i
B.
Muqaran
C. Tahlili
D.
Ijmali
E.
Istiqaq
40.
Sumber pedoman
dalam menafsirkan al Qur’an pada masa sahabat adalah…
A.
Al Qur’an dan
ijtihad
B. Al Q ur’an dan Sunnah Nabi
C.
Ijtihad dan
pemahaman
D.
Al Qur’an,
Sunah Nabi, ahlu kitab dan ijtihad
E.
Al Qur’an dan
pemahaman/penalaran
41.
Yang termasuk
dalam kategori kitab tafsir bil al ma’tsur adalah…
A.
Anwar AT-Tanzil
wa at-Takwil
B.
Mafatih
al-ghaib
C.
Madarik al
Tanzil wa Haqaiq at-Takwil
D.
Lubab at-Takwil
fi Ma’an at-Takwil
E. Jami al Bayan fi Tafsir Al-Qur’an
42.
Lafadz yang
selalu disebutkan dalam bentuk jama’ dalam al Qur’an adalah…
A.
اللب
B.
القلب
C.
النور
D.
الأرض
E. السماء
43.
Penggunaan
bentuk ifrad dalam ayat É >ÌøópRùQ$#ur É-ÎŽô³yJø9$# >§‘
menunjukan…
A. Arah Timur dan Barat
B.
Waktu terbit
dan terbenamnya matahari
C.
Waktu mulai
berakhirnya musim panas dan musim dingin
D.
Siang dan alam
silih berganti
E.
Terang dan
gelap
úïÏ%©!$#ur
(#ÿrãxÿx.
ãNèdät!$uŠÏ9÷rr&
ßNqäó»©Ü9$#
NßgtRqã_Ì÷‚ãƒ
šÆÏiB
Í‘q–Y9$#
’n<Î)
ÏM»yJè=—à9$#
3 ÇËÎÐÈ
44.
Penggunaan
bentuk jamak untuk lafadz ÏM»yJè=—à9$# dalam ayat tersebut mengandung makna…
A.
Kegelapan-kegelapan
B. Banyaknya jenis kesesatan
C.
Masa kegelapan
yang lama
D.
Orang-orang
yang tersesat
E.
Kegelapan pada
setiap malam
ô`ÏB
Äd“r&
>äóÓx«
¼çms)n=yz
ÇÊÑÈ
45.
Fungsi
penggunaan nakirah dalam ayat diatas adalah…
A.
, تعظيم
B.
.تحقير
C.
. تقليل
D.
.تكثير
E.
. إرادة النوع
التفسير شرح
القرأن و بيان معناه و الإفصاح بما يقتضيه بنصه أو إشارته أو نحواه
46.
Makna tafsir
yang sesuai dengan definisi diatas adalah…
A.
Menjelaskan
kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang
mendekatinya
B.
Menjelaskan dan
memahami makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta
menyimpulkan kandungan hukum
C.
Membahas
mengenai cara pengucapan kata-kata al Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan
makna yang terkandung di dalamnya
D.
Pemahaman
secara komprehensif tentang kitab Allah dan penjelasan makna yang dalam
E. Menjelaskan al Qur’an, menerangkan
maknanya, atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat, serta tujuannya
علم يبحث فيه عن
أحوال الكتاب العزيز من جهة نزوله و سنده و أداءه و ألفاظه ومعانيه المتعلقه
بالفاظ و المتعلقه بألأحكام
47.
Pernyataan diatas
adalah pengertian…
A. Ilmu tafsir al Qur’an
B.
Ilmu qira’at al
Qur’an
C.
Rasm al Qur’an
D.
Tajwid al
Qur’an
E.
Fahm al Qur’an
(#qÝàÏÿ»ym
’n?tã
ÏNºuqn=¢Á9$#
Ío4qn=¢Á9$#ur
4‘sÜó™âqø9$#
(#qãBqè%ur
¬!
tûüÏFÏY»s%
ÇËÌÑÈ
48.
Menurut imam
Turmudzi, tafsir kalimat o4qn=¢Á9$#ur
4‘sÜó™âqø9$#
bermakna shalat….
A.
Maghrib
B.
Isya’
C.
Subuh
D.
Dzuhur
E. Ashar
49.
Perhatikan
beberapa pernyataan di bawah ini !
1 Surat al
Ghasyiyah ayat: 17-20
2 Surat al-Lahab
ayat 1-5
3 Surat al
Fatihah ayat 1-7
4 Surat al Qadr
ayat 1-5
Dari pernyataan-pernyataan di atas contoh
munasabah antara ayat dengan ayat yang dikaitkan dengan keadaan mukhotob adalah
nomor…
A.
1 dan 2
B. 1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
2 dan 4
50. Ayat 168 surah
Al Baqarah menjelaskan tentang ………….
A. Perintah Allah untuk mencari makanan di bumi.
B. Penjelasan tentang makanan yang halal dan haram
C. Kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.
D. Bolehnya memakan segala sesuatu yang
halal dan baik yang ada di bumi.
E. Menjauhkan diri dari sifat tercela.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar