BAB I
RINGKASAN EKSEKUTIF
A.
Latar Belakang
Usaha yang ingin saya lakukan ialah usaha di bidang makanan.
Makanan yang saya pilih di sini adalah jagung bakar. Jagung bakar di sini ada
berbagai macam rasa diantaranya jagung bakar manis, jagung bakar manis istimewa,
jagung bakar santan, dan jagung bakar pedas. Di sini saya akan mendirikan
sebuah tempat untuk berjualan jagung bakar dan sekalian untuk tempat nongkrong
anak-anak muda dan semua kalangan. Karena di sini tidak ada pembatasan usia
baik yang muda maupun yang tua bisa membeli jagung bakar ini.
B.
Tujuan
1. Tujuan Pendirian usaha
Usaha ini saya dirikan agar para
konsumen dapat membeli jagung bakar dengan rasa yang mereka inginkan. Selain
itu dengan adanya usaha jagung bakar ini menjadi peluang bagi saya untuk
lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis, agar meraih keuntungan
yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang
membutuhkan pekerjaan.
2. Tujuan Pembuatan proposal
Proposal yang
saya buat ini bertujuan untuk :
1.
Sebagai tugas mata kuliah
Kewirausahaan
2.
Untuk menambah
pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.
C.
Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya
tujuan adalah semua
kalangan yaitu mulai dari anak-anak, para mahasiswa maupun kalangan orang tua.
D.
Nama Usaha
Saya mendirikan usaha ini dengan nama “JAGUNG BAKAR ALA
RISKI” .
E.
Visi dan Misi
Usaha
1.
Visi
Menjadi Usaha jagung bakar yang terbaik dengan
pelayanan dan kualitas rasa yang memuaskan pelanggan.
2.
Misi
a.
Meningkatkan
kualitas rasa
b.
Meningkatkan
kualitas pelayanan yang ramah, tepat, dan bermutu
F.
Tempat Usaha
Usaha ini saya dirikan di Jl. Gatot Subroto IV Banjarmasin.
G.
Waktu Operasional
Usaha Jagung
Bakar ini buka mulai dari pukul 16.00 s/d 21.00 WIB.
BAB II
KONSEP BISNIS
A.
Situasi
Persaingan
Banyak pesaing
yang berjualan jagung bakar membuat saya mengatur strategi secara berhati-hati
agar para konsumen tertarik membeli jagung bakar ala Riski ini. Dengan situasi
pesaing yang cukup banykan ini, saya harus berpandai-pandai dalam menarik hati
para konsumen dan tetap terus menjaga rasa jagung bakar ini enak dilidah para
konsumen.
B. Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya tuju adalah semua lapisan
masyarakat yang
menyukai jagung bakar.
C.
Promosi Penjualan
Agar usaha jagung bakar ini dapat berjalan lancar saya melakukan
promosi dengan cara:
1. Membuat pamflet atau
selebaran-selebaran terutama di kampus-kampus.
2.
Membuat papan nama di tempat penjualan tersebut.
3.
Membuat baliho-baliho yang dipasang besar dan dengan warna
yang cerah.
D. Analisis SWOT dalam
perkembangan usaha
Ø
Strenght (kekuatan):
1. Harganya yang terjangkau.
2. Mempertahankan cita rasa dari jagung bakar.
3. Tersedianya macam rasa yang bisa dipilih konsumen.
4. Pelayanan yang baik.
Ø Opportunity (Peluang):
1. Pesaing yang banyak akan membuat usaha jagung bakar saya tampil
beda dari para penjual jagung bakar lainnya.
2. Mempunyai relasi yang baik antara penjual jagung dan penyetor
jagung
3. Tempat yang strategi dan bisa dijadikan tempat nongkrong para
anak muda.
Ø Weakness (kelemahan):
1.
Karena memasak jagung bakar
membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga konsumen agak bosan menunggunya.
2.
Keterbatasan modal untuk membuka
cabang lain.
3.
Tidak dapat memenuhi pesanan dalam
jumlah banyak, karena produk dibuat dalam jumlah terbatas dan waktu yang cukup
lama.
Ø Threat (Ancaman):
1.
Ada sebagian jagung yang busuk
yang dibeli di petani jagung, yang mengakibatkan kerugian.
2.
Banyaknya para penjual jagung
bakar lainnya yang bersaing untuk menarik hati para konsumen.
3.
Apabila tidak bisa memenuhi
keinginan pelanggan maka akan mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen.
4.
Apabila tingkat motivasi karyawan
rendah maka akan mempengaruhi jumlah produksi.
BAB
III
RENCANA
PEMASARAN
A. Rencana
pemasaran
1.
Produk
Menu
yang ditampilkan pada penjualan ini yaitu “Jagung Bakar ala Riski”.
Ø Jagung
Bakar :
·
Jagung bakar
manis
·
Jagung bakar
manis istimewa
·
Jagung bakar
santan
·
Jagung bakar
pedas
Ø Minuman
·
Es teh/ Anget
·
Es jeruk/ Anget
·
Lemon tea
·
Jus (aneka rasa)
2.
Harga
Harga
yang ditawarkan Rp. 6.000/jagung
B. Rencana
keuntungan
1.
Modal awal : Rp.
2.000.000,00
2.
Penjualan : Rp. 6.000,00
3.
Pengeluaran
Ø Modal Alat
:
·
Gerobak :
Rp.1.000.000,00
·
Pemanganggan jagung 2 buah :
Rp. 160.000,00
·
Plastik :
Rp. 50.000,00
·
Tempat bumbu-bumbu :
Rp. 50.000,00
·
Lain-lainnya :
Rp 100.000,00+
Jumlah :
Rp. 1.360.000,00
Ø Modal
Perminggu:
·
Jagung 2 karung (200
biji) : Rp. 300.000,00
·
Arang :
Rp. 100.000,00
·
Bumbu-bumbu :
Rp. 100.000,00
·
Blue Band :
Rp. 100.000,00
·
Gaji 2 orang pegawai :
Rp. 300.000,00+
Jumlah : Rp
900.000,00
Total
modal : Rp. 1.360.000,00 + Rp 900.000,00 = Rp.
2.260.000,00
v Estimasi
Keuntungan :
Jumlah rata-rata pembelian perminggu
adalah 200 biji jagung
Nilai jual perjagung = Rp.6.000,00
Rp 6.000,00 x 200 = Rp. 1.200.000,00
Jadi pendapatan kotor perminggu
adalah Rp. 1.200.000,00
Pendapatan bersih perminggu :
pendapatn kotor – modal perminggu
Pendapatan bersih perminggu : Rp. 1.200.000,00 – Rp. 900.000,00
= Rp. 300.000,00
Pendapatan bersih perbulan Rp
300.000,00 x 4 minggu = Rp 1.200.000,00
Jadi, dalam waktu 1,5 bulan modal awal sudah bisa
dikembalikan dan sisanya itu adalah keuntungannya.
C.
Dana
1.
Jumlah dana yang
diperlukan Rp. 2.260.000,00
2.
Dana pinjaman
Rp. 260.000,00
3.
Dana uang
tunaiRp. 2.000.000,00
D.
Analisis
barang dan jasa
1.
Diskriptif
Usaha ini berawal dari ketertarikan saya yang sangat suka
memakan jagung
bakar, sehingga membuat saya berpikir
untuk mendirikan usaha ini.
2.
Aspek pemasaran
Karena usaha yang saya dirikan ini tempat
stategis dan juga disukai oleh lapisan
masyarakat.
3.
Analisis
lingkungan internal
Usaha saya ini dibantu oleh teman saya sendiri, sehingga memudahkan saya untuk usaha ini.
4.
Analisi
lingkungan eksternal
Untuk usaha ini karena belum ada yang menjalan di daerah
ini sehingga meningkatnya permintaan konsumen
5.
Aspek keuangan
Modal sendiri Rp. 2.000.000,00
Modal alat seluruhnya Rp.1.360.000,00
Modal bahan seluruhnya Rp.900.000,00
BAB
IV
PROYEKSI
KEUANGAN
A. Modal
1.
Modal sendiri
Rp. 2.000.000,00
2.
Modal pinjaman
Rp. 260.000,00
B. Pendapatan
Penjualan
perminggu Rp.1.200.000,00
C. Biaya
1.
Biaya tetap Rp.
900.000,00
2.
Biaya variable
Rp. 1.000.000,00
BAB
V
PENUTUP
Simpulan
Menurut pandangan saya usaha ini akan
berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun
banyak pesaing yang menjual jagung bakar ini tetapi saya sangat optimis
bahwa usaha ini akan berkembang dan memberi harapan yang sangat menjanjikan.
Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki agar usaha ini dapat
berjalan lancar untuk melaksanakan usaha ini dengan tidak pantang menyerah
dengan segala kendala dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Saya juga
berkeyakinan, untuk dapat mengatasi segala rintangan yang saya hadapi. Dalam
menjalankan usaha ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya.
Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha ini sebaik mungkin.
Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam
usaha ini.
Demikin
proposal ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur
keberhasilan usaha. Semoga usaha jagung
bakar yang saya dirikan ini dapat berjalan sukses.
Tugas Makalah
BalasHapusTugas Kuliah
Tugas Makalah
Pendidikan
Aamiiin....!!!
BalasHapusmantap salam sukses kawan blogger
BalasHapus
BalasHapusTerima kasih artikelnya, sangat bermanfaat
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut