Nama : Wardah
Nim : 1001150168
1.
Berikan
uraian lengkap mengenai STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) dan
berikan 1 contoh yang berurutan dari segmentasi, targeting dan positioning
produk tersebut!
Jawaban :
Segmentation ada dua yaitu
Segmentation pasar dan Segmentation Pasar Global
·
Segmentation
Pasar adalah Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang
memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa.
·
Segmentation
Pasar Global adalah Suatu proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan
tertentu yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa
Dasar Segmentation dan contohnya:
a.
Geografis
: Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, iklim, artinya Pembagian pasar dunia ke
dalam daerah geografis.
Keuntungan: pasar dalam segmen ini lebih dekat satu dengan yg lain
dan lebih mudah untuk dikunjungi dalam perjalanan yg sama serta perbedaan waktu
yg kecil atau mungkin tidak ada
Kelemahan: Walaupun berada di wilayah yg sama tidak menjamin
negara-negara tersebut memiliki kesamaan.
Contohnya Jepang dan Vietnam
b.
Psychografis
: Gaya hidup & Kepribadian, artinya Melibatkan pengelompokkan orang-orang
dalam hal perilaku, nilai, dan gaya hidup
Contohnya Porsche Cars North Amerika diperuntukkan bagi lelaki usia
40 tahun ke atas, sarjana, dan memiliki pendapatan $200,000 per
tahun
c.
Demografis
: usia, kelamin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan,
artinya Karakteristik populasi yang dapat diukur seperti usia, gender,
pendapatan, pendidikan dan pekerjaan
Contohnya Coca-Cola, Benetton, Swatch, Sony, MTV adalah perusahaan
yang target utamanya adalah para remaja.
Targeting adalah Suatu
kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yg sudah teridentifikasi
untuk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi
Dasar Targeting dan contohnya:
a.
Ukuran
Segmen dan Potensi Pertumbuhan
Rasio pemakai komputer di AS adalah 1:4 sementara di China adl
1:6000
b.
Persaingan
Kodak vs Fuji
c.
Sesuai
dan Layak
Pepsi vs Coca-Cola
Positioning adalah
Penanaman suatu produk di benak konsumen.
Pendekatan dalam posisioning global:
a.
High Tech Positioning
-
Produk
yang dibeli berdasarkan fitur konkrit suatu produk. Para pembeli biasanya
membutuhkan informasi teknis
-
Komputer,
video, stereo, mobil
-
Dibagi
menjadi tiga kategori yaitu:
·
Technical
products: pembeli memiliki kebutuhan khusus,
membutuhkan informasi produk, memiliki bahasa yg umum à PC
·
Special
interest products: less
technical more leisure or recreation, berbagi pengalaman dgn keterlibatan yg
tinggi diantara para pengguna, memilki bahasa dan simbol yg diketahui scr umum à Adidas
·
Products
that demonstrate well: “speak for
themselves” à
Polaroid
b.
High Touch Positioning
-
Lebih
menitikberatkan kpd citra, sangat terlibat dgn konsumen, memiliki bahasa yg
umum dan seperangkat simbol yg berhubungan dengan kemakmuran, materi, dan
romance.
-
Dibagi
ke dalam tiga kategori yaitu:
·
Products
that solve a common problem: menonjolkan
manfaat suatu produk à
iklan minuman yg menyegarkan pada saat cuaca sangat panas .
·
Global
village products: produk yg
memiliki kesan “cosmopolitan in nature” dan memiliki “global appeal”à Levi’s, Marlboro, Harley - Davidson (AS), Sony (Jepang, Mercedes
(Jerman).
·
Products
that use universal themes: materialism
(kemakmuran dan sosial status), heroism (self sacrifice), play (santai,
rekreasi), procreation (citra keramahan dan percintaan)
2.
Menurut
Anda, bagaimana peran training atau
pelatihan bagi seorang armada penjualan?
Jawaban:
Training atau pelatihan adalah kegiatan yang dirancang untuk
meningkatkan kinerja kita dalam melakukan pekerjaan, baik pekerjaan secara
fisik maupun pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, terutama dalam
perkembangan dari masing-masing individu. Dengan training pengembangan diri (self
development), diharapkan kita dapat bertambah wawasan, berubah
sikap, dan berkembang kepribadian. Dengan adanya training atau pelatihan bagi
armada penjualan dapat menentukan bagaimana organisasi akan menggunakan fungsi penjualan
pribadi untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan dan mengembangkan hubungan yang manajemen butuhkan untuk mencapai tujuan
pemasaran dan promosi.
3.
a.
Menurut Anda, apa pentingnya memberikan kepuasan kepada pelanggan? Jelaskan!
b. Jelaskanlah bagaimana dampak ketidakpuasan pelanggan bagi
perusahaan!
Jawaban :
a.
Kepuasan
pelanggan menurut saya adalah merupakan hal yang sangat penting atau
diprioritaskan agar bisnis tersebut bisa bertahan dan bisa menang dalam
persaingan. Meskipun memang tidak gampang untuk mewujudkan kepuasan pelanggan
secara menyeluruh. Sekarang pelanggan yang dihadapi saat ini berbeda dengan
pelanggan pada beberapa tahun sebelumnya. Kini pelanggan sudah memiliki banyak
pengetahuan seiring dengan perkembangan yang sudah terjadi baik itu dalam
sektor bisnis, teknologi dan lain sebagainya. Mengingat pelanggan semakin
terdidik dan menyadari hak-haknya. Selain itu setiap pelanggan juga mempunyai
keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Perusahaan harus berusaha meminimalkan ketidakpuasan
pelanggan dengan memberikan pelayanan yang semakin hari semakin baik. Dan pada
saat bersamaan, perusahaan perlu pula memperhatikan konsumen yang merasa tidak
puas. Melihat pentingnya peranan pelanggan dalam perkembangan suatu perusahaan,
perusahaan harus mengetahui seberapa puaskah pelanggan terhadap pelayanan yang
mereka berikan baik itu melalui pelayanan jasa atau barang yang di produksi
perusahaan. Dalam hal ini perusahaan dapat mengukur dan memantau kepuasan
pelanggan terhadap pelayanan yang mereka berikan dengan menggunakan beberapa
strategi atau metode. Namun yang perlu untuk diperhatikan bahwa aktivitas
penting yang dilakukan untuk mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan terlebih
dahulu memahami perilaku pelanggan yang tidak puas serta menerapkan beberapa
srategi untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan dan dengan hasil penilaian
yang ada dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja
perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih untuk memuaskan
keinginan dari pelanggan dan membuat perusahaannya dapat lebih berkembang dalam
dunia bisnis.
b.
Kepuasan
pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena kepuasan
pelanggan mempunyai konstribusi yang besar terhadap aspek-aspek penting dalam perusahaan.
Pelanggan mempunyai pilihan, jika mereka tidak puas atau tidak menyukai apa
yang ditawarkan perusahaan, mereka dapat pergi atau beralih ke produk lain.
Perusahaan harus mewaspadai tingkat kepuasan yang cukup, karena dengan semakin
menurunnya kepuasan pelanggan, maka keinginan pelanggan untuk berpindah merek
akan semakin tinggi.
4. Anda
adalah asisten Middle Manager pada Departemen
Pemasaran sebuah perusahaan. Di hari pertama Anda bekerja, Anda diminta memperoleh
informasi tentang penilaian kepuasan konsumen terhadap produk X yang baru diluncurkan tiga (3)
bulan yang lalu oleh perusahaan. Sebut dan jelaskanlah tentang cara Anda untuk menyelesaikan
tugas tersebut!
Jawaban
:
Sebagai asisten Middle Manager pada Departemen Pemasaran
cara saya untuk menilai kepuasan konsumen terhadap produk X yang baru
diluncurkan 3 bulan yang lalu ada 4
metode, yaitu:
a.
Sistem
keluhan dan saran terhadap produk X, jadi di sini konsumen dapat kesempatan
seluas-luasnya untuk menyampaikan saran, pendapat dan keluhan mereka. Media
yang bisa digunakan meliputi kotak saran yang diletakkan di tempat-tempat
strategis, menyediakan kartu komentar, menyediakan saluran telepon khusus, dll.
Informasi yang diperoleh melalui metode ini dapat memberikan ide-ide baru dan
masukan yang berharga kepada produk X tersebut, ,sehingga memungkinkannya untuk
memberikan respon secara cepat dan tanggap terhadap masalah yang timbul.
b.
Survai
kepuasan konsumen melalui produk X yang akan memperoleh tanggapan dan umpan
balik secara langsung dari pelanggan dan sekaligus juga memberikan tanda (signal)
positif bahwa produk X mempunyai nilai plus terhadap para konsumennya. Dengan
cara penilaian sebagai berikut: sangat tidak puas, tidak puas, netral, puas,
sangat puas.
PERTANYAAN STUDI KASUS:
Berdasarkan
artikel di atas, berikanlah pemaparan Anda mengenai Strategi Bank Danamon dalam
memberikan kepuasan kepada para nasabahnya!
Jawaban:
Kepuasan
pelanggan sangat penting dalam memasarkan produk, di sini Bank Danamon memiliki
strategi yang jitu dalam membuat nasabahnya agar merasa puas terhadap produk
yang diberikan yaitu dengan memberi kesempatan para nasabah yang beruntung mengikuti
program Red Match persembahan Kartu Danamon Manchester United untuk menjadi saksi
sejarah Manchester United meraih trophy kemenangan LigaInggris ke-20 dalam pertandingan
spektakuler melawan Aston Villa di Stadion Old Trafford secara langsung. Dan akses
eksklusif terhadap klub sepak bola terkemuka di dunia ini hanya bisa diperoleh dengan
mengikuti program Red Match persembahan Kartu Danamon Manchester United karena hanya
Danamon satu-satunya pemegang lisensi penerbitan kartu Manchester United di
Indonesia. Selain menyaksikan klub kesayangan, para pemenang Red Match juga mengikuti
rangkaian kegiatan eksklusif yang memang tidak dibuka untuk publik. Ini adalah hal
yang sangat luar biasa dan tidak dapat terlupakan di mana pihak Manchester
United telah memberikan kesempatan secara khusus kepada nasabah terpilih untuk beramah-tamah
dengan salah satu sosok pemain yang paling legendaries Machester United, Bobby
Charlton. Sosok legenda yang telah diabadikan dengan patung di Old Trafford dan
juga pemain kunci kesebelasan Inggris pada saat menjuarai Piala Dunia 1966,”
tambah Executive Vice President Retail Banking Product Management Head Danamon
Sonny Wahyubrata. Inilah strategi yang dilakukan PT Bank Danamon Indonesia Tbk
untuk memuaskan pelanggannya dalam menggunakan produk yang mereka tawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar